JANGAN BIARKAN PUASA KITA TANPA PAHALA

Mei 31, 2018

SYI'AR ONLINE SIB
19 Mei 2018

ﺑِﺴْــــــــــــــــــﻢِ ﺍﷲِﺍﻟﺮَّﺣْﻤَﻦِ ﺍﺍﺭَّﺣِﻴﻢ

JANGAN BIARKAN PUASA KITA TANPA PAHALA

Hakikat dari puasa sebenarnya bukan hanya sekedar menahan lapar dan dahaga. Betapa banyak orang mampu menahan lapar dan dahaga namun tidak kuasa menahan dirinya dari hal yang sia-sia. Ia berpuasa namun lisannya suka berdusta. Ia juga berpuasa namun kedua mata dan telinganya selalu mendengar dan melihat yang diharamkan Allah dan Rasul-Nya. Begitu juga ia berpuasa akan tetapi waktunya terbuang sia-sia dipinggir jalan dan ngobrol kesana kemari tanpa ada faidahnya. Sungguh benar apa yang disabdakan Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam dalam haditsnya yang mulia :

رُبَّ صَائِمٍ حَظُّهُ مِنْ صِيَامِهِ الْجُوعُ وَالْعَطَشُ ، وَرُبَّ قَائِمٍ حَظُّهُ مِنْ قِيَامِهِ السَّهَرُ
Betapa banyak orang yang berpuasa namun dia tidak mendapatkan dari puasanya tersebut melainkan hanya rasa lapar dan dahaga. Dan betapa banyak orang yang sholat malam ia tidak mendapatkan apa-apa melainkan hanya begadang saja”. (HR. Ahmad)

Oleh karena itu agar puasa kita penuh dengan pahala maka hendaknya kita menjaga diri dan meninggalkan dari segala amalan yang menjadikan puasa kita sia-sia.
Sebenarnya banyak aktivitas sia-sia yang harus kita tinggalkan ketika dibulan Ramadhan agar puasa kita lebih bermanfaat. Ada perkara-perkara yang sifatnya wajib ditinggalkan dan ini kebanyakan orang telah memahaminya seperti makan, minum, berhubungan dan pembatal lainya. Akan tetapi dalam tulisan singkat ini, saya lebih menyoroti pada perkara-perkara yang dianggap biasa namun membuat puasa kita tidak berkualitas dihadapanNya.

---------->><<---------
ﻧﻮﺭ ﺧﻠﻴﺺ
والله أعلمُ بالـصـواب

You Might Also Like

0 komentar

SUSUNAN PENGURUS UKM-KI STUDI ISLAM BERKALA MASA KHIDMAT 2021-2022

SUSUNAN PENGURUS  UKM-KI STUDI ISLAM BERKALA MASA KHIDMAT 2021-2022 Berdasarkan sidang musyawarah anggota tahunan (MAT) pada 11-13 Desember ...