PUASA SYAWAL

Juli 24, 2018

SYI'AR ONLINE SIB
15 Juni 2018

ﺑِﺴْــــــــــــــــــﻢِ ﺍﷲِﺍﻟﺮَّﺣْﻤَﻦِ ﺍﺍﺭَّﺣِﻴﻢ

PUASA SYAWAL

ﻣَﻦْ ﺻَﺎﻡَ ﺭَﻣَﻀَﺎﻥَ ﺛُﻢَّ ﺃَﺗْﺒَﻌَﻪُ ﺳِﺘًّﺎ ﻣِﻦْ ﺷَﻮَّﺍﻝٍ ﻛَﺎﻥَ ﻛَﺼِﻴَﺎﻡِ ﺍﻟﺪَّﻫْﺮِ

"Barangsiapa yang berpuasa Ramadan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh".
(HR. Muslim no. 1164)

ﻣَﻦْ ﺻَﺎﻡَ ﺳِﺘَّﺔَ ﺃَﻳَّﺎﻡٍ ﺑَﻌْﺪَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻛَﺎﻥَ ﺗَﻤَﺎﻡَ ﺍﻟﺴَّﻨَﺔِ ‏ﻣَﻦْ ﺟَﺎﺀَ ﺑِﺎﻟْﺤَﺴَﻨَﺔِ ﻓَﻠَﻪُ ﻋَﺸْﺮُ ﺃَﻣْﺜَﺎﻟِﻬَﺎ

"Barangsiapa berpuasa enam hari di bulan Syawal setelah Idulfitri, maka ia telah menyempurnakan puasa setahun penuh. Karena siapa saja yang melakukan kebaikan, maka akan dibalas sepuluh kebaikan semisal".
(HR. Ibnu Majah)

Abul Hasan Al Mawardi Asy Syafi’i berkata didalam Kitab Beliau Al Hawi Al Kabir :

ﺇِﻥَّ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ ﻳُﻌْﻄِﻲ ﺑِﺎﻟْﺤَﺴَﻨَﺔِ ﻋَﺸْﺮًﺍ ﻓَﺘَﺤْﺼُﻞُ ﻟَﻪُ ﺑِﺸَﻬْﺮِ ﺭَﻣَﻀَﺎﻥَ ﻭَﻫُﻮَ ﺛَﻠَﺎﺛُﻮﻥَ ﻳَﻮْﻣًﺎ ﺑِﺜَﻠَﺎﺛِﻤِﺎﺋَﺔِ ﺣَﺴَﻨَﺔٍ ﻭَﺑِﺴِﺘَّﺔٍ ﻣِﻦْ ﺷَﻮَّﺍﻝٍ ﺳِﺘُّﻮﻥَ ﺣَﺴَﻨَﺔً، ﻭَﺫَﻟِﻚَ ﻋَﺪَﺩُ ﺃﻳﺎﻡ ﺍﻟﺴﻨﺔ

"Sesungguhnya Alloh Ta’ala menganugerahkan kebaikan dengan sepuluh kali lipat. Maka Satu bulan Romadlon yaitu tiga puluh hari menghasilkan kebaikan berupa 300 kebaikan, dan 6 hari dari bulan Syawal dengan 60 kebaikan. Dan yang demikian itu bilangan hari dalam setahun".
(Abul Hasan Al Mawardi Al Hawi Al Kabir)

Menurut Syafi’iyah, utamanya puasa Syawal adalah pada tanggal 2 Syawal hingga 7 Syawal. Hal ini dimaksudkan untuk bersegera dalam beribadah tanpa menunda-nunda. Jika ditunda-tunda dikhawatirkan akan ada halangan semisal sakit, hamil, menyusui, meninggal dunia, atau sebab yang lain.

Bagi yang berhalangan atau banyak acara lainnya boleh diakhirkan atau di lain waktu dalam bulan Syawal. Namun jika memiliki hutang puasa di bulan Ramadhan, maka yang diutamakan terlebih dahulu adalah membayar utang puasa, yang harus dibayarkan terlebih dahulu, baru kemudian melaksanakan puasa Syawal 6 hari.

---------->><<---------
ﻧﻮﺭ ﺧﻠﻴﺺ
والله أعلمُ بالـصـواب

You Might Also Like

0 komentar

SUSUNAN PENGURUS UKM-KI STUDI ISLAM BERKALA MASA KHIDMAT 2021-2022

SUSUNAN PENGURUS  UKM-KI STUDI ISLAM BERKALA MASA KHIDMAT 2021-2022 Berdasarkan sidang musyawarah anggota tahunan (MAT) pada 11-13 Desember ...