Seru-seruan Bersama KISS Bertemakan Menjomblo Demi Ilmu, Cinta Bagi Kaum Sufi

Oktober 03, 2018

Jember, 30 September 2018
redaksi: Aziz Alfa Antoni

“Seseorang ketika merasakan cinta, Ibarat minum tanpa kehilangan haus dan makan tanpa merasakan kenyang”, itulah yang disampaikan oleh Ustad Ahmad Rudi Hamzah dalam acara KISS (Kajian Islam Selasa Seru) edisi ketiga pada Selasa, 25 September 2018.



Bertempat di Musholla Al-Hakim FH UNEJ, kajian yang dihadiri oleh jamaah umum dan anggota SIB tersebut, membahas kitab Ulama’ul Uzzab karangan Syeikh Abdul Fattah Abu Ghuddah dengan mengangkat tema “Menjomblo Demi Ilmu, Cinta Bagi Kaum Sufi”.

Mungkin sebagian orang menilai bahwa “Jomblo”  itu sebagai stereotip yang bernilai negatif. Dan begitu bangganya mereka mengakui mempunyai sebuah hubungan dalam bingkai “Pacaran” lebih baik daripada mereka yang “Jomblo”, sampai mereka lupa bahwa pacaran adalah cara yang tidak dianjurkan dalam Islam.

Lalu ustad Ahmad juga menyampaikan bahwa Pacaran tidak diperbolehkan, tetapi menjomblo juga tidak dianjurkan. “Jomblo Dilarang Masuk Surga”.
Karena memang perintah Allah SWT “ Udkhuluul Jannata antum wa azwaajukum” ( Masuklah ke surga kalian beserta istri kalian). Maka orang orang jomblo haram masuk surga.

Didalam kitab Ulama’ul Uzzab tersebut juga terdapat kisah para ulama, musafir, dan cendekiawan lainnya tentang usaha dan jerih payah mereka dalam mencari ilmu sampai pada tahap “Mendahulukan Ilmu Daripada Menikah” dan memilih membujang hingga akhir hayatnya.

Sebagai penutup Ustad Ahmad juga menambahkan bahwa predikat jomblo jauh lebih mulia jika kita menghindari pacaran karena takut dosa. Menjadi jomblo jauh lebih bermartabat kalau itu diniatkan menjauhi maksiat. Daripada berpacaran, lebih baik mempersiapkan dan memantaskan dirimu untuk pasanganmu menggunakan keilmuanmu”.

You Might Also Like

0 komentar

SUSUNAN PENGURUS UKM-KI STUDI ISLAM BERKALA MASA KHIDMAT 2021-2022

SUSUNAN PENGURUS  UKM-KI STUDI ISLAM BERKALA MASA KHIDMAT 2021-2022 Berdasarkan sidang musyawarah anggota tahunan (MAT) pada 11-13 Desember ...