LARANGAN ANAK KECIL DI MASJID

Juli 24, 2018

SYI'AR ONLINE SIB

ﺑِﺴْــــــــــــــــــﻢِ ﺍﷲِﺍﻟﺮَّﺣْﻤَﻦِ ﺍﺍﺭَّﺣِﻴﻢ

LARANGAN ANAK KECIL DI MASJID

Banyak pengurus masjid tidak sabar menghadapi anak-anak kecil yang lalulalang keberadaannya di masjid. Tidak sedikit diantara mereka justru mengusir mereka keluar masjid atau menempatkan di shaf paling belakang agar tidak mengganggu jamaah yang lain. Pengusiran dan larangan anak-anak di masjid seolah tidak asing lagi. Mata mata tajam dan kata-kata kasar yang tidak seharusnya kadang keluar dari penjaga masjid.
Jika anak-anak berlari riang tawa di masjid, ya itu lah ciri khas anak-anak. Mereka sebenarnya "malaikat" yang sedang bergembira di rumah Robb-Nya.
Bahkan Hasan dan Husein pernah menaiki tubuh Rasulullah saat mengimami sholat para sahabat.

ﻭﻓﻲ ﺣﺪﻳﺚ ﺁﺧﺮ : ﻛﺎﻥ ﺍﻟﺮﺳﻮﻝ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻳﺼﻠﻲ، ﻓﺈﺫﺍ ﺳﺠﺪ ﻭﺛﺐ ﺍﻟﺤﺴﻦ ﻭﺍﻟﺤﺴﻴﻦ ﻋﻠﻰ ﻇﻬﺮﻩ، ﻓﺈﺫﺍ ﻣﻨﻌﻮﻫﻤﺎ ﺃﺷﺎﺭ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﺃﻥ ﺩﻋﻮﻫﻤﺎ، ﻓﻠﻤﺎ ﻗﻀﻰ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺿﻌﻬﻤﺎ ﻓﻲ ﺣﺠﺮﻩ ‏( ﺭﻭﺍﻩ ﺍﺑﻦ ﺧﺰﻳﻤﺔ ﻓﻲ ﺻﺤﻴﺤﻪ )

Rasulullah sujud begitu lama hingga ada sahabat yg bertanya :
"Mengapa lama sekali sujudmu ya Rasulullah"

Rasul menjawab :
"Tadi Hasan dan Husein naik di tubuhku, aku khawatir kalau aku bangkit mereka terjatuh, ku biarkan mereka puas bermain".
(HR: Ibnu Khuzaimah)

ﻭﻓﻲ ﺣﺪﻳﺚ ﺁﺧﺮ : ﻗﺎﻝ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ : “ ﺇﻧﻲ ﻷﺩﺧﻞ ﻓﻲ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻭﺃﻧﺎ ﺃﺭﻳﺪ ﺇﻃﺎﻟﺘﻬﺎ ﻓﺄﺳﻤﻊ ﺑﻜﺎﺀ ﺍﻟﺼﺒﻲ ﻓﺄﺗﺠﻮّﺯ ﻓﻲ ﺻﻼﺗﻲ ﻣﻤﺎ ﺃﻋﻠﻢ ﻣﻦ ﺷﺪﺓ ﻭﺟﺪ ﺃﻣﻪ ﻣﻦ ﺑﻜﺎﺋﻪ ” ‏( ﺭﻭﺍﻩ ﺍﻟﺒﺨﺎﺭﻱ ﻭﻣﺴﻠﻢ )

Dalam riwayat Bukhari dan Muslim, Rasulullah berkata :
Kalau sedang shalat, terkadang saya ingin shalatnya agak panjangan, tapi kalau sudah mendengarkan tangis anak kecil yang dibawa ibunya ke masjid maka sayapun menyingkat shalat saya, karena saya tau betapa ibunya tidak enak hati dengan tangisan anaknya itu".
(HR: Bukhari Dan Muslim)

Masih banyak lagi kisah tentang bagaimana Rasulullah memperlakukan anak-anak  kecil. Inilah Masjid Nabi yang tidak sepi dari anak-anak kecil. Lalu mesjid apa yang anti dengan anak-anak kecil?

Muhammad Al-Fatih, sang penakluk konstantinopel pernah berkata :
"Jika kalian tidak lagi mendengar riang tawa dan gelak bahagia anak-anak di masjid-masjid, waspadalah karena saat itu kalian dalam bahaya."

ﻣﻦ ﻻ ﻳَﺮﺣﻢ ﻻ ﻳُﺮﺣﻢ
"Siapa yang tidak menyayangi tidak akan disayang."

Siapapun tidak boleh mengusir anak-anak dari masjid, sebab mereka adalah pemuda-pemuda harapan masa depan.

---------->><<---------
ﻧﻮﺭ ﺧﻠﻴﺺ
والله أعلمُ بالـصـواب

You Might Also Like

0 komentar

SUSUNAN PENGURUS UKM-KI STUDI ISLAM BERKALA MASA KHIDMAT 2021-2022

SUSUNAN PENGURUS  UKM-KI STUDI ISLAM BERKALA MASA KHIDMAT 2021-2022 Berdasarkan sidang musyawarah anggota tahunan (MAT) pada 11-13 Desember ...