BERSYUKUR JADI MUSLIM INDONESIA

Juli 24, 2018

SYI'AR ONLINE SIB

ﺑِﺴْــــــــــــــــــﻢِ ﺍﷲِﺍﻟﺮَّﺣْﻤَﻦِ ﺍﺍﺭَّﺣِﻴﻢ

BERSYUKUR JADI MUSLIM INDONESIA

Dulu pada saat Rasulullah ﷺ memasuki kota Mekkah dalam peristiwa Fathu Makkah, Bilal bin Rabah naik ke atas Ka'bah dan menyerukan azan. Oleh sebagian penduduk Mekkah (yang tidak tahu bahwa di Madinah Bilal bin Rabah biasa menunaikan tugas untuk menyerukan azan) lalu terkaget-kaget dengan kehadiran Bilal.
Ada yang berkata :
Budak hitam inikah yang azan di atas Ka‘bah?”

Dalam riwayat lain di kitab Tafsir al-Baghawi al-Harits bin Hisyam mengejek dengan mengatakan :
"Apakah nabi Muhammad ﷺ tidak menemukan selain burung gagak ini untuk berazan?".

Yang lain berkata :
Jika Allah membencinya, tentu akan menggantinya."

Lalu, turunlah ayat 13 surat al-Hujurat, yang berbunyi :

ﺇِﻥَّ ﺃَﻛْﺮَﻣَﻜُﻢْ ﻋِﻨﺪَ ﭐﻟﻠَّﻪِ ﺃَﺗْﻘَﻯٰﻜُﻢْ ۚ ﺇِﻥَّ ﭐﻟﻠَّﻪَ ﻋَﻠِﻴﻢٌ ﺧَﺒِﻴﺮٌ

Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kalian disisi Allah ialah orang yang paling takwa. Sesunggguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal".

Ketakwaan itu tidak bisa dibeli atau diraih dengan mengandalkan keutamaan nasab, suku atau marga, tapi dengan amal shalih.

Anda punya nasab yang bagus, alhamdulillah. Anda ke mana-mana memakai mobil atau malah pakai sorban, alhamdulillah. Tapi kalau amal Anda jelek dan akhlak Anda buruk, maka ingatlah dengan ayat di atas bahwa bekas budak hitam legam seperti Bilal bin Rabah pun bisa jadi jauh lebih mulia.

Hadis nabi menyatakan :

أخرج مسلم وابن ماجه عن أبي هريرة رضي اللَّه عنه قال : قال رسول اللَّه صلّى اللَّه عليه وسلّم : ﺇِﻥَّ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﻻَ ﻳَﻨْﻈُﺮُ ﺇِﻟَﻰ ﺻُﻮَﺭِﻛُﻢْ ﻭَﺃَﻣْﻮَﺍﻟِﻜُﻢْ ﻭَﻟَﻜِﻦْ ﻳَﻨْﻈُﺮُ ﺇِﻟَﻰ ﻗُﻠُﻮﺑِﻜُﻢْ ﻭَﺃَﻋْﻤَﺎﻟِﻜُﻢْ

Imam Muslim dan Ibn Majah meriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah ﷺ bersabda :
"Allah tidak memandang kepada penampilan dan harta kalian, akan tetapi Allah melihat kepada hati dan amal kalian".


Alhamdulillah, ciri muslim Indonesia, yang tidak pernah membeda-bedakan pakaian, harta, warna kulit, suku, agama, dan ras namun yang diutamakan oleh muslim Indonesia adalah kerjasama, gotong royong, bahkan dermawan tanpa harus nunggu sejahtera. Itulah ciri-ciri orang yang bertakwa.
Sebagaimana dalam butir ke 3 Pancasila yaitu PERSATUAN INDONESIA. Konsep tidak pernah membeda-bedakan dalam butir ke 3 Pancasila ini sesuai dengan Quran Surah al-Hujurat ayat 13.

Sholawat serta salam selalu tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad ﷺ juga kepada para keluarga, sahabat, dan pengikutnya.

اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

---------->><<---------
ﻧﻮﺭ ﺧﻠﻴﺺ
والله أعلمُ بالـصـواب

You Might Also Like

0 komentar

SUSUNAN PENGURUS UKM-KI STUDI ISLAM BERKALA MASA KHIDMAT 2021-2022

SUSUNAN PENGURUS  UKM-KI STUDI ISLAM BERKALA MASA KHIDMAT 2021-2022 Berdasarkan sidang musyawarah anggota tahunan (MAT) pada 11-13 Desember ...