PUASA SENIN DAN KAMIS

Juli 24, 2018

SYI'AR ONLINE SIB

ﺑِﺴْــــــــــــــــــﻢِ ﺍﷲِﺍﻟﺮَّﺣْﻤَﻦِ ﺍﺍﺭَّﺣِﻴﻢ

PUASA SENIN DAN KAMIS

Bagi mahasiswa, hari Senin kadang menjadi hari menjenuhkan, karena senin merupakan hari mengawali aktivitas setelah libur hari Sabtu dan Minggu. Senin pagi yang padat menjadi bayangan menyeramkan. Namun, bagi Nabi Muhammad ﷺ, Senin dan Kamis itu hari yang istimewa. Nabi Muhammad ﷺ memilih dua hari itu untuk ibadah puasa. Apa sebabnya?
Mungkin karena Senin merupakan hari kelahiran Beliau ﷺ. Lalu bagaimana dengan Kamis? Masak Rasulullah SAW dilahirkan di hari Kamis juga?
Kutipan hadist oleh Syekh Abu Zakariya Al-Anshori berikut ini dalam karyanya Fathul Wahhab setidaknya membantu menjawab :

وقال تعرض الأعمال يوم الاثنين والخميس فأحب أن يعرض عملي وأنا صائم رواهما الترمذي وغيره

Rasulullah ﷺ bersabda :
Amal itu diperlihatkan di hadapan Allah ﷻ pada hari Senin dan hari Kamis. Aku gembira sekali amalku diperlihatkan disaat aku sedang berpuasa".
(HR Turmudzi)

Mengenai jam berapa amal itu diperlihatkan, saya tidak menemukan keterangan waktu pada hadits tersebut di atas. Apakah jam 8 pagi, jam 10, atau waktu Zhuhur?
Syekh Bujairimi dalam karyanya Attajrid Linaf‘il Abid, Hasyiyah ala Fathil Wahhab mengatakan :

قوله (وأنا صائم) أي قريب من زمن الصوم لأن العرض بعد الغروب كما تقدم

"Ungkapan 'Disaat aku sedang berpuasa' maksudnya, berdekatan dengan aktivitas puasa. Karena amal perbuatan diperlihatkan selepas matahari terbenam saat orang sudah membatalkan puasanya".

Syekh Bujairimi masih dalam kitabnya memberi keterangan tambahan :

فائدة: تعرض الأعمال على الله تعالى يوم الاثنين والخميس، وعلى الأنبياء والآباء والأمهات يوم الجمعة، وعلى النبي صلى الله عليه وسلم سائر الأيام اهـ ثعالبي

"Pemberitahuan amal perbuatan seseorang diperlihatkan dihadapan Allah ﷻ pada hari Senin dan hari Kamis. Dihadapan para nabi, ayah, dan ibu yang bersangkutan sendiri, amal diperlihatkan pada hari Jum’at. Sementara dihadapan Rasulullah ﷺ, amal seseorang diperlihatkan setiap hari."
Dikutip dari Tsa’alabi.

Untuk itu, baik-baiklah berperilaku. Minimal menjaga puasa Senin-Kamis. Karena, segala bentuk aktivitas kita diantarkan malaikat dihadirat Allah ﷻ, Nabi Muhammad ﷺ, para nabi, ayah dan juga ibu kita yang terlebih dahulu wafat. Betapa malunya kita bila mereka semua mendapati catatan amal kita hitam kotor? Dan betapa bangganya mereka bila melihat catatan baik amal kita?

اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

------------>><<-----------
ﻧﻮﺭ ﺧﻠﻴﺺ
والله أعلمُ بالـصـواب

You Might Also Like

0 komentar

SUSUNAN PENGURUS UKM-KI STUDI ISLAM BERKALA MASA KHIDMAT 2021-2022

SUSUNAN PENGURUS  UKM-KI STUDI ISLAM BERKALA MASA KHIDMAT 2021-2022 Berdasarkan sidang musyawarah anggota tahunan (MAT) pada 11-13 Desember ...